Sabtu, 13 Desember 2008

Kunjungan Dari Malaysia dan Malang

Jumat kemarin, 12 Desember 2008, Departemen Matematika Universitas Airlangga kedatangan tamu 20 orang mahasiswa Deprtemen Matematika Fakultas Sains Universiti Teknologi Malaysia. HIMATIKA-pun tak ingin menyia-nyiakan kesempatan tersebut untuk berdiskusi langsung dengan mahasiswa international tersebut.



Topik diskusi yang ingin dibawakan yaitu mengenai Student Life di Malaysia, beasiswa program Post Graduate dan berbagi cerita tentang budaya Indonesia dan Malaysia. Dari 23 mahasiswa UTM yang datang, 2 diantaranya adalah warga negara India, dan 3 orang dari China, sisanya warga negara asli Malaysia.

Diskusi dibawakan oleh Keken sebagai Master of Ceremony (MC), dimulai pada pukul 15.00 waktu setempat, diawali dengan persembahan dari tim paduan suara yang membawakan lagu kebangsaan Indonesia Raya, lagu Hymne Airlangga, dan lagu daerah dari Batak.

Dipimpin oleh Ketua HIMATIKA bersama Sekjend-nya, diskusi berjalan berat diawalnya. Maklum, kedua belah pihak (Mahasiswa Math UNAIR dan Mahasiswa Math UTM) masih menyesuaikan bahasanya. Sempat terjadi beberapa kejadian lucu terutama karena perbedaan budaya yang bercampur baur antara budaya melayu, Indonesia, dan India. Dan Alhamdulillah, segalanya berjalan lancar ketika topik diskusi membahas tentang makanan, festival, dan beberapa budaya asli Indonesia.


Pada hari sabtu 13 Desember 2008, HIMATIKA juga mendapat kunjungan Studi Comparative dari HMJ Matematika Universitas Islam Negri Malang.
Meskipun persiapannya serba mendadak, namun secara keseluruhan memuaskan kedua belah pihak. Program Kerja HMJ Matematika UIN ini bertujuan untuk mengadakan studi banding mengenai sistem pembelajaran di Departemen Matematika dan keorganisasian dengan HIMATIKA UNAIR.


Diskusi yang pada awalnya diperkirakan berjalan dua arah, ternyata berjalan satu arah dengan HIMATIKA dan Departemen Matematika sebagai narasumbernya.

"Pertama kali dapet proposalnya, saya langsung terkejut... Ternyata di Malang ada juga UIN yah... Saya pikir UIN cuma ada di Jakarta", ujar Sugeng.

"Hehehe... iya, kirain tamu kita dari Bandung, soalnya kemaren waktu Musyawarah tahunan IHMSI, ada perwakilan dari HIMATIKA UIN Bandung.", sambung Dini.

Acara berlangsung tanpa konsep selama dua setengah jam mulai dari pukul 10.30 hingga pukul 12.00. Kemudian disambung sharing masalah keorganisasian di HIMATIKA.

Trimakasih atas kunjungan teman-teman ke rumah kami, semoga kedepan kita bisa menjalin kerjasama yang saling menguntungkan.

Tidak ada komentar: